ChatBox

Sabtu, Februari 19, 2011

7 Makanan Khas Kota Kediri

http://newbee-maniac.blogspot.com/ http://newbee-maniac.blogspot.com/
Pada siang yang panas banget ini saya menyempatkan diri untuk menulis lagi di blog tercinta ini (hihihi), sebenarnya dikota yang terkenal dengan julukan "kota santri" ini tidak hanya memiliki jenis makanan ini saja tapi mungkin yang paling terkenal ya ketujuh jenis ini, mungkin nanti kalo ada yang mau nambahin ya monggo, silahkan! ditulis di kotak komen dibawah oke..!!

baiklah langsung saja saya ulas makanan tersebut, cekidot !!

Tahu Takwa
1. TAHU KUNING / TAHU TAKWA 
Entah bagaimana makanan ini dijuluki tahu takwa, saya sendiri juga kurang faham hehe tapi dari bentuk dan pembuat jelas tidak mencerminkan kata takwa sama sekali atau mungkin karena kota kediri terkenal dengan kota santri jadi dinamakan tahu takwa kali ya hehehe eeiittss tapi setelah saya tanya om gugel ternyata takwa berasal dari bahasa cina tao-hu, teu-hu, atau tokwa. Tao atau teu berarti kacang (kedelai). Hu dan kwa berarti lumat kalo diartikan berarti kedelai yang lumat makanya disebut TAHU haha. tapi yang jelas namanya tahu takwa ya tahu padat berwarna kuning yang dimakan dalam keadaan mentah. (tapi enak kok ). Rasanya gurih dan tidak ada rasa asam sama sekali. Kalau di goreng, bagian luar kering renyah namun tetap lembut di bagian dalamnya. Karen rasanya kenyal gurih tahu ini biasanya dipotong kecil ditumis dengan tauge dan kucai. Atau dipakai untuk campuran bakmie ayam. Tahu takwa atau tahu kuning Kediri memiliki tekstur yang kenyal dan lembut kalau di makan. Bentuknya kotak segi empat dan agak pipih.
Bentuknya pun juga unik. Tahu takwa berbeda dengan tahu pada umumnya yang berwarna putih. Tahu taqwa berwarna kuning. Warna kuning pada tahu takwa bukan karena pewarna sistesis, namun menggunakan pewarna alami, yaitu kunyit. Keunggulan lain pada tahu takwa, jelas terdapat pada kandungan gizinya. Seperti tahu pada umumnya, kandungan protein yang tinggi, dapat dipastikan akan sangat baik untuk tubuh manusia. Tahu takwa adalah jajanan yang bersifat basah, dan memiliki daya tahan di tempat terbuka maksimal selama 1 X 24 jam.
Tahu Pong
2. TAHU POONG 
yach dari namanya aja kalau buat orang yang belum tau pasti aneh, tapi sebenarnya mungkin didaerah lain juga sudah ada, jenis tahu ini seperti tahu gejrot atau tahu sumedang, yaitu tahu goreng yang hampa (aneh banget dibilang hampa maksutnya itu tidak padat) dan dimakan dengan bumbu kacang atau cabe rawit (cengek).


Pecel Tumpang Kediri
3. SAMBEL PECEL TUMPANG 
Orang yang berasal dari Kediri pasti tidaklah asing dengan yang namanya sambel pecel ataupun sambel tumpang.  namanya nasi sambel pecel ya nasi, campur toge (capar kalo gue bilang sich hehe), kulup atau sayuran yang di rebus, ntar ditambah lauk kerupuk, rempeyek, tempe, tahu, dan lain-lain tergantung dari warung yang menyediakannya lalu disiram pake sambal pecel (kacang, dan bumbu2 lain dicampur) dan sambal tumpang. jadi kalo mampir ke kota kediri kalo gak nyobain yang namanya sambel pecel n tumpang rasanya kurang afdol haha lho beneran bro, mungkin memang namanya sambel pecel dimana-mana ada tapi rasanya gak akan sama dengan sambal pecel khas kediri (promosi nich haha).

Rawon Kediri
4. RAWON KEDIRI 
mungkin dikota lain juga ada makanan rawon seperti surabaya misalnya tapi rawon dikediri juga gak kalah enak kok, yang pasti namanya rawon ya yang airnya berwana hitam tapi rasanya lezat maknyuzzz.warna hitamnya ini bukan karena pewarna lho tapi karena bumbu buah keluweknya, bumbu lain yang dipakai adalah lengkuas, serei, kemiri, dan jeruk purut (daunnya lho), ditambah daging juga hmmb...enak deh pokoknya yummy

Stik Tahu
5. kerupuk dan stik tahu
dari namanya aja udah pasti pada tau kalo bahan dasarnya adalah tahu, cuma karena orang kediri pada kreatif (hahaha) jadi ada ide membuat krupuk dan stik dari bahan tahu, rasanya juga gak main-main, enaknya gk tanggung-tanggung hehe. 
Gethuk Pisang KEdiri





6. Gethuk Pisang kediri
makanan ini entah mengapa kok dinamakan gethuk padahal bentuknya sendiri bukan seperti getuk lindri ataupun getuk goreng. Tapi bentuknya seperti lemper besar (lontong) atau malah seperti kue lemet baik isi maupun tampilan luarnya. Getuk pisang dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang digulung seperti lontong. Isinya berupa pisang raja yang dihaluskan dan sudah dikukus.


Soto
7. SOTO KEDIRI 
Soto termasuk salah satu makanan khas Kediri. Rasanya memang berbeda dengan soto biasa. Terutama pada rasa dan jenis kuahnya. Jika umumnya kuah soto jernih, kuah Soto kediri cukup kental. Paduan rempah rempah yang dipadu dengan santan kental. Jadi sangat berbeda dengan Soto Lamongan, ataupun Soto Makasar. dan yang terkenal adalah soto "bok ijo" yang berlokasi di terminal tamanan kota kediri. 

Ayam bakar Kecap
dan sebagai bonus saya tambahkan satu lagi makanan khas lain dari kota kediri yaitu ayam bakar kecap. yang unik dari ayam bakar kecap ini adalah yang dibakar adalah bagian tulang ayam atau biasa dikenal dengan balungan yang dagingnya sudah diambil untuk soto. Nah, kelezatan menikmati sisa daging yang melekat di tulang ayam bakar ini sungguh membuat lidah menari-nari tiap kali menikmatinya bersama soto panas (biasanya sich dicampur sama soto "bok ijo" tadi).


Busssetttt dah ...liatin gambar-gambarnya aja udah maknyuzzz air liur rasanya keluar teruss, perut jadi berbunyi -bunyi hahaha...oke dech sekian ulasan saya mengenai ketujuh makanan khas kota kediri, semoga bisa jadi referensi buat temen-temen yang pengen mencicipinya. ^_^


source : google.com
by Kang Abee
 

Selamat Datang

Selamat datang di Coretan Kang Abee, saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda akan sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel-artikel yang saya tulis, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Dan Jangan Lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini dan sertakan alamat blog anda agar saya bisa berkunjung ke blog anda.

Info