ChatBox

Senin, Februari 14, 2011

7 Hal Menarik DIbalik Hari Valentine

http://newbee-maniac.blogspot.com/ http://newbee-maniac.blogspot.com/
Oke deh karena hari ini tanggal 14 Februari 2011, mungkin banyak yang lagi merayakan yang namanya hari valentine, entah kenapa hari yang seharusnya tidak dirayakan malah dirayakan, aneh memang tapi ini kenyataan yang terjadi di sekitar kita, oleh karena itu saya ingin mengulas mengenai 7 fakta mengenai Hari Valentine ini, mungkin bukan seperti bayangan anda saat membaca judul di atas, karena saya yakin bahwa sebagian besar orang sudah tau asal usul hari valentine dan kenapa dinamakan valentine, tapi saya akan mengulas hal lain mengenai hari valentine setajam silet (hahahaha), baiklah cukup segini aja intronya langsung kita simak ulasan saya berikut ini :

1. Belum Adanya Kesepakatan final di antara para sejarawan tentang apa yang sebenarnya terjadi yang kemudian diperingati sebagai hari Valentine (SANTO VALENTINE). Kenapa mereka bingung?? karena sampai saat ini sekurangnya ada tiga nama Valentine yang meninggal pada 14 Februari  (ya itu sich setau gue mas boy klo ada yang mau nambahin ya monggo hehe) dan tiap cerita pasti beda versi nah aneh kan??, intinya kalo belum jelas kenapa tiap tahun sudah dirayakan???benar gak bro?? (CMIIW)

2. Asal Mula dari Hari Valentine adalah mulai dari penyembahan dewa-dewa kuno dalam upacara Lupercalia dan yang disembah adalah dewa Lupercus (dewa kesuburan) ini terjadi tanggal 15 Februari namun 2 hari sebelumnya (13-14 Februari) ada juga ada persembahan untuk dewi cinta (Queen of Feverish Love) bernama Juno Februata (aneh ya? JUNO=JUNI, FEBRUATA=FEBRUARI haha stop! kita kembali ke benang merah).

3. Ritual yang dulu dilakukan adalah para pemuda berkumpul dan mengundi nama-nama gadis di dalam sebuah kotak (Kayak arisan gitu deh hehe). Lalu setiap pemuda dipersilakan mengambil nama secara acak. Gadis yang namanya ke luar harus menjadi kekasihnya selama setahun penuh untuk bersenang-senang dan menjadi obyek hiburan sang pemuda yang memilihnya (kalo bahasa kerennya sich budak seks, setahun penuh bro WAW sampe bosen2 dah tuch hoho). setelah 1 tahun dan tepat tanggal 15 Februari, wanita tersebut akan dipecuti (dicambuki maksutnya haha) kenapa??mereka pikir semakin banyak dipecut maka akan makin cantik dan subur (haha bodoh amat ya mereka, wong dipecuti kok malah cantik).

4. Upacara Paganisme/berhala (yang sebelumnya aq jelasin itu lho bro) diadopsi oleh bangsa Katolik dan diganti beberapa nama Antara lain mereka mengganti nama-nama gadis (yang tadi jadi budak seks hihi) dengan nama-nama Paus atau Pastor. Di antara pendukungnya adalah Kaisar Konstantine dan Paus Gregory I. dan yang lebih penting lagi nich bro pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati Santo Valentine yang kebetulan meninggal pada tanggal 14 Februari.

5.Adanya TRADISI KIRIM KARTU, padahal tidak ada kaitanya dengan peristiwa jaman dulu..nah sebenarnya apa sich maksutnya kata "valentine" sendiri, menurut Ken Sweiger mengatakan bahwa kata “Valentine” berasal dari bahasa Latin yang mempunyai persamaan dengan arti: “Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat, dan Yang Maha Kuasa”. Kata ini sebenarnya pada zaman Romawi Kuno ditujukan kepada Nimrod dan Lupercus, Tuhannya orang Romawi. jadi kalo kata "be my valentine" itu berarti jika seseorang meminta orang lain atau pasangannya menjadi “To be my Valentine?”, maka dengan hal itu sesungguhnya kita telah terang-terangan melakukan suatu perbuatan yang dimurkai Tuhan, menurut Sweiger, karena meminta seseorang menjadi “Sang Maha Kuasa” dan hal itu sama saja dengan upaya menghidupkan kembali budaya pemujaan kepada berhala.

6. Nah Sekarang masalah Cupid (berarti: the desire) itu siapa sich, si bayi atau lelaki rupawan setengah telanjang yang bersayap dengan panah  itu sebenarnya adalah putra Nimrod dengan julukan “the hunter” (keren kan hihi) dewa Matahari. Disebut Tuhan Cinta, karena ia begitu rupawan sehingga diburu banyak perempuan bahkan dikisahkan bahwa ibu kandungnya sendiri pun tertarik sehingga melakukan incest (kalo bahasa kerennya BERZINA) dengan anak kandungnya itu! (mantep gak kui, n sekarang aja udah banyak yang gitu hadeeh emang dunia udah jaman akhir kali ya guys siap siap ahh!)

7. Adanya KEPENTINGAN BISNIS di pihak pengusaha, alasan kenapa Hari Valentine masih dihidup-hidupkan hingga sekarang, bahkan ada kesan makin meriah, itu tidak lain dari upaya para pengusaha yang bergerak di bidang pencetakan kartu ucapan, pengusaha hotel, pengusaha bunga, pengusaha penyelenggara acara, dan sejumlah pengusaha lain yang telah meraup keuntungan sangat besar dari event itu.

nah itu tadi ulasan saya mengenai 7 hal menarik yang wajib diketahui khususnya umat islam, karena saya pribadi sebagai seorang muslim agak kecewa berat (gimana sich, agak kecewa tapi berat haha) Tiap tahun menjelang 14 Februari, banyak remaja Indonesia yang notabene mengaku beragama Islam tapi ikut-ikutan sibuk mempersiapkan perayaan Valentine. 

Padahal saya yakin seyakin-yakinnya kalau sudah banyak di antaranya yang mendengar bahwa Valentine Day adalah salah satu hari raya umat Kristiani yang mengandung nilai-nilai akidah Kristen, namun hal ini tidak terlalu dipusingkan mereka. “Ah, aku kan ngerayaain Valentine buat fun-fun aja…, ” demikian banyak remaja Islam bersikap. Bisakah dibenarkan sikap dan pandangan seperti itu?

Perayaan Hari Valentine memuat sejumlah pengakuan atas klaim dogma dan ideologi Kristiani seperti mengakui “Yesus sebagai Anak Tuhan” dan lain sebagainya. Merayakan Valentine Day berarti pula secara langsung atau tidak, ikut mengakui kebenaran atas dogma dan ideologi Kristiani tersebut, apa pun alasanya.

Nah, jika ada seorang Muslim yang ikut-ikutan merayakan Hari Valentine, maka diakuinya atau tidak, ia juga ikut-ikutan menerima pandangan yang mengatakan bahwa “Yesus sebagai Anak Tuhan” dan sebagainya yang di dalam Islam sesungguhnya sudah termasuk dalam perbuatan musyrik, menyekutukan Allah SWT, suatu perbuatan yang tidak akan mendapat ampunan dari Allah SWT. Naudzubillahi min dzalik!

Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut, ” Demikian bunyi hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Ibnul Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah juga berkata, “Memberi selamat atas acara ritual orang kafir yang khusus bagi mereka, telah disepakati bahwa perbuatan tersebut haram". Semisal memberi selamat atas hari raya dan puasa mereka, dengan mengucapkan, “Selamat hari raya!” dan sejenisnya. Bagi yang mengucapkannya, kalau pun tidak sampai pada kekafiran, paling tidak itu merupakan perbuatan haram. Berarti ia telah memberi selamat atas perbuatan mereka yang menyekutukan Allah. Bahkan perbuatan tersebut lebih besar dosanya di sisi Allah dan lebih dimurkai dari pada memberi selamat atas perbuatan minum khamar atau membunuh. 

Banyak orang yang kurang mengerti agama terjerumus dalam suatu perbuatan tanpa menyadari buruknya perbuatan tersebut. Ia telah menyiapkan diri untuk mendapatkan kemarahan dan kemurkaan Allah

Allah SWT sendiri di dalam Qur’an surat Al-Maidah ayat 51 melarang umat Islam untuk meniru-niru atau meneladani kaum Yahudi dan Nasrani, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

oleh karena itu kawan-kawan muslim, udah baca kan makanya STOP! ikut-ikutan merayakan sesuatu yang bukan budaya kita (muslim) meski hanya sebagai toleransi atau menghargai terhadap agama lain tapi bukan seperti itu bro, selama mereka (yang merayakan) tidak mengganggu kita (memaksa merayakan) kita nyantai aja lah, gak usah ikut-ikutan!!

dikutip dari : dreamside.wordpress.com
by Kang Abee
 

Selamat Datang

Selamat datang di Coretan Kang Abee, saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda akan sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel-artikel yang saya tulis, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Dan Jangan Lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini dan sertakan alamat blog anda agar saya bisa berkunjung ke blog anda.

Info