ChatBox

Kamis, Maret 10, 2011

[Share] Mencoba Ubuntu 10.10 Maverick

http://newbee-maniac.blogspot.com/ http://newbee-maniac.blogspot.com/
Bismillah...setelah beberapa hari gak posting sesuatu rasanya kangen pengen nulis sesuatu hehehe nah sebenarnya linux ubuntu versi ini sudah agak lama sih tapi aku sendiri baru mencobanya kemarin padahal udah ada yang terbaru ya huft (ketinggalan gak apa-apa deh tapi yang aku coba ini juga termasuk pernah baru kok hahaha). Yang aku coba ini adalah ubuntu 10.10 Maverick Desktop Edition (i386/gnome), proses download yang cukup menyita waktu (padahal gratis gitu aja masih ngeluh haha) dengan file size 700an MB mungkin dengan speed 100kBps bisa kelar dlm waktu gak sampe 2 jam (bisa ditinggal sambil minum kopi sama baca-baca artikel dulu hihihi)

Kamu bisa download ubuntu terbaru dimari gan Cekidot.

Oke, setelah kamu download file master ISOnya, kamu bisa bakar langsung ke CD (bukan celana dalam lho hahaha) dan bisa di install langsung, dalam paket ISO ini ada Live CD sekaligus Master untuk install, bila kamu tidak ingin install dan ingin mencoba dulu bisa menggunakan Pilihan LiveCD Ubuntu. Untuk masalah instalasi ubuntu mungkin sudah banyak yang memberikan tutorial seperti itu, jadi aku tidak akan mengulang sesuatu yang sama, percuma soalnya sudah banyak yang kasih, jadi disini aku cuma ingin share pengalaman memakai Linux Ubuntu ini aja ke kamu. Bagaimana penampakan yang terjadi di ubuntu versi 10.10 ini, apakah ada perubahan yang signifikan (cie cie bahasanya sok tinggi haha). langsung aja disimak ya gan!! cekidot :

1. setelah selesai instalasi, akan muncul login page seperti layaknya Operating system "jendela" (windows) milik mikocok (microsoft), username dan password ini bukanlah root tapi user biasa yang di set ketika proses instalasi, kira-kira seperti inilah penampakannya :

Login page

2. Setelah memasukan username dan password, kita akan disuguhi menu update manager yang mengharuskan kita untuk mendownload file file yang dibutuhkan oleh ubuntu, seperti security, atau yang lainnya, seperti ini :

Update manager setelah login awal

Menu di atas bisa kita cancel atau kalau tidak mau mendownload file update (busset gan awal-awal aja udah disuruh download 260MB lagi, kagak nahan deh haha). 

3. Selanjutnya aku mencoba menulusuri applikasi yang ada di ubuntu versi 10.10 ini, terlihat paket applikasi yang ada hanya seperti ini :



selain applikasi di atas, pada bagian internet ada browser Mozilla, dan beberapa applikasi lainya, yah kalau aku bilang sih paket yang ada sangat minimalis, hehe mungkin karena ukurannya hanya 1CD jadi paket applikasinya bawa'annya hanya sedikit.


selain itu menu administration terlihat seperti ini :


dan menu preferences terlihat seperti ini :





4. seperti yang sudah aku bilang pada point ke 3 tadi, paket applikasi bawa'annya memang sedikit dan selanjutnya bila ingin menambah applikasi kita bisa masuk ke menu Ubuntu Software Center, yang penampakannya seperti ini :


dimenu ini, kamu bisa mendownload applikasi langsung dari server ubuntu, tapi dengan syarat harus terkoneksi dulu dengan internet, nah kebetulah pada komputer saya ini hardware nya langsung terdeteksi dan setelah di oprek-oprek bisa konek ke internet. jadi langsung saja aku coba untuk browsing memakai browser mozilla firefox:


bagi yang belum pernah merasakan linux operating system, mungkin akan kaget karena penampakan "windows explorer"nya linux akan seperti ini :



tapi gak perlu khawatir, semua hal kalau sudah terbiasa juga akan terasa mudah, bener gak?? 
baiklah sekian dulu share pengalaman dari aku, semoga bisa menjadi referensi bagi yang ingin mencoba migrasi dari microsoft ke linux yang GOS (Go Open Source), 
akhir kata semoga bermanfaat ^_^



by Kang Abee
 

Selamat Datang

Selamat datang di Coretan Kang Abee, saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda akan sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel-artikel yang saya tulis, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Dan Jangan Lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini dan sertakan alamat blog anda agar saya bisa berkunjung ke blog anda.

Info