ChatBox

Jumat, Maret 04, 2016

[TIPS] Memilih Aplikasi Yang "Aman" Untuk Smartphone Anda

http://newbee-maniac.blogspot.com/ http://newbee-maniac.blogspot.com/
Bismillah, jum’at mubarok,

Pagi ini cuaca mendukung banget buat tidur eh nulis blog maksutnya hehe mungkin tulisan ini sudah banyak sekali ditulis oleh teman-teman blogger cuman yah tidak apa-apa deh yang penting nulis dan orisinil ketikan sendiri. Kali ini aku ingin membahas soal aplikasi android, yup perkembangan development aplikasi di robot ijo ini sangat pesat beberapa tahun terakhir, bahkan hampir semua vendor ponsel, smartwatch, tablet, smart-tv, dll sudah mulai mengadopsi sistem operasi android ini. Banyak pula pengembang aplikasi baik senior sampai junior mulai merasakan denyut-denyut cinta pada si robot ijo ini hehe yang menyebabkan banyak sekali aplikasi yang bertebaran di playstore atau di dunia maya (forum xda-developer, blackmarket, ato yang lain) yang siap untuk dimasukan ke ponsel kita.

Dan cerobohnya, kita tanpa sadar dengan gegabah meng-install / memasang aplikasi yang terlihat menarik seperti free wallpaper, free ringtone, dan free-free yang lain. Pembuat malware/virus ini sadar betul kalau penggunanya itu suka sekali yang gratisan wkwk padahal mungkin saja setelah install aplikasi tersebut tanpa sadar data-data kita sudah dicuri secara diam-diam melalui aplikasi tersebut, nah loh! 

Sekarang banyak sekali netizen yang merasa sudah mengamankan akun social media nya tapi tetap saja akun miliknya dibajak/ diambil alih oleh orang lain hmm… mungkin salah satunya karena sembarangan meng-install / memasang aplikasi di ponsel android miliknya. Kenapa aku bilang mungkin? Yaaa… karena perlu kita sadari setiap sistem tidak lepas dari celah keamanan baik itu Symbian OS,  windows phone, Android OS, atau yang lain hanya saja jika kita bisa lebih berhati-hati dan lebih bijak dalam meng-install aplikasi di ponsel kita, aku pikir data-data kita akan "sedikit" lebih aman kok! trust me it work (semacem tagline dari iklan apa gitu hehe)

Oke, cukup basa-basinya langsung saja berikut beberapa tips agar bisa lebih bijak dalam memilih aplikasi yang “aman” untuk ponsel kita.

1.     Cek Developer (team) dari aplikasi android yang akan kita install, yup karena biasanya aplikasi yang “diam-diam menghanyutkan” itu berasal dari developer abal-abal. Kenali developernya, lihat websitenya, lihat ratingnya dan komentar-komentar dari pengguna lain terkait aplikasi tersebut.

2.    Terkait poin nomor 1, cek juga aplikasi yang SERUPA / SIMILIAR dengan aplikasi tersebut kenapa begitu? Karena biasanya aplikasi malware itu terbuat dengan meng-clone / cloningan / menduplikasi aplikasi milik orang lain tim developer lain dan merubah / menambah beberapa script didalamnya dan membuatnya gratis jadi berpikirlah ulang ketika akan menginstall aplikasi gratisan tapi ternyata somewhere in the world wide web (ditempat lain hehe) aplikasi itu ternyata berbayar. Nah bisa jadi itu akan menjadi awal bencana untuk anda dan keluarga #LebayModeOn 

3.       Jangan tertipu pada jumlah aplikasi tersebut ter-download (download counter), kenapa? Quantity tidak selalu berbanding lurus dengan quality, pernah mengalami situasi dimana ponsel kita tiba-tiba meng-install aplikasi sendiri, atau ketika asik browsing dan muncul iklan gak jelas dan boom tiba-tiba ada aplikasi tertentu (kadang cuman 1 tapi ada juga yang 2-3 aplikasi) masuk ke ponsel kita. Percayalah! Aku sendiri pernah mengalami hal itu dan itu sangat menjengkelkan huft! dan “mungkin” saja itu yang menyebabkan download counter di aplikasi tertentu menjadi sangat banyak.
Rajin Baca dan Tulis Review
4.    Periksa application permission dari aplikasi yang akan kita install, tentunya ketika kita menginstall sesuatu pasti sebelumnya akan disuguhi tampilan deskripsi dan kemampuan dari aplikasi tersebut semisal aplikasi itu bisa mengirim sms, memakai kamera, menggunakan gps, dsb jadi kembali aku tekankan netizen era 2016 kudu rajin membaca hehe :p dan kalau benar-benar diperlukan kamu bisa mengirimkan unek-unek terkait permission pada aplikasi tersebut dengan mengirimkan email ke developer nya.
jangan dicuekin application permission

5.     Install aplikasi antivirus, pendapat ini memang tergantung individunya sih karena memang yang namanya antivirus pasti akan melakukan pemindaian (scan) secara berkala jadi bisa dipastikan akan memakan resource smartphone kamu (memory ram, kinerja prosesor) jadi kalau ada yang mengatakan “setelah install antivirus kok malah makin lemot ya, ah aplikasi ini jelek nih, bla bla bla” itu memang BENAR KALAU smartphone kamu spesifikasinya kurang sakti haha makanya saranku install antivirus hanya jika kita ingin memastikan aplikasi yang akan kita pasang aman setelah itu di non-aktifkan atau disable atau kalo punya kuota berlebih bisa di uninstall / hapus kemudian jika butuh install lagi hoho

6.   … silahkan di isi sendiri di kolom komentar jika ingin menambahkan tips-tips yang mungkin aku belum tau :D




by Kang Abee
 

Selamat Datang

Selamat datang di Coretan Kang Abee, saya senang Anda berada di sini, dan berharap Anda akan sering datang kembali. Silakan berselancar di sini dan membaca lebih lanjut tentang artikel-artikel yang saya tulis, semoga bisa bermanfaat bagi anda. Dan Jangan Lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini dan sertakan alamat blog anda agar saya bisa berkunjung ke blog anda.

Info